Sampah Kita

“Aku hanya buang satu sampah saja”,

Satu sampah saja katanya.

Kita kadang melupakan matematika dasar bahwa 1x 260 juta adalah 260 juta. Iya setiap satu orang membuang sampah jika dilakukan satu negara dalam waktu bersamaan maka telah terbuang sampah sebanyak 260 juta sampah.

“Ah itu kan perkiraanmu kamu saja”.

Mungkin kita perlu sedikit melihat data atau berapa banyak produksi kita. Kita memang masih terbiasa dengan perasaan membuang sedikit atau buktinya di sekitar rumah saya sedikit sampah.

a.       Total Sampah
Warga bandung menghasilkan sampah kuranglebih 1500ton perhari, klo diukur dengan lapang bola, ya kirakira 75 cm x luas lapang bola perhari. Indonesia Solid Waste Association (InSWA), produksi sampah di Indonesia dapat mencapai 5,4 juta ton per tahun.

b.      Kresek / Kantong Plastik Sekali Pakai
Di Indonesia, di kota besar rata-rata 1 orang bisa menggunakan 700 kantong plastik per tahun. (Riset Green Generation). Di Indonesia 9,85 miliar kantong kresek dibuang dalam 1 tahun menjadi sampah. (KLHK RI)

c.       Air Minum dalam Kemasan
Beverage Marketing Corporation and International Bottled Water Association dalam risetnya pada tahun 2016 menyebutkan bahwa indonesia telah menghasil 4,8 Miliyar sampah Botol, Ranking 4 terbesar didunia dalam menghasilkan sampah botol amdk.

d.      Sedotan
93,2 juta sedotan dibuang setelah sekali dipakai perharinya(Penelitian Diver Clean Action). Klo dibariskan kurang lebih 16700km seperti jarak Bandung ke meksiko

e.       Food Waste
Data dari FAO menunjukkan bahwa setiap tahun ada 1.6 milyar ton makanan yang diproduksi terbuang dan 1.3 Milyar ton dari jumlah ini merupakan makanan layak makan. Padahal, hanya butuh 1/4 dari bagian terbuang ini untuk memberi makanan ke 870 juta penduduk dunia dan mengakhiri krisis kelaparan dunia. Berdasarkan data dari The Economist Intelligence Unit, Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara yang membuang makanan terbanyak di dunia setelah Arab Saudi. Rata-rata satu orang Indonesia membuang sekitar 300 kg makanan layak makan setiap tahun. Padahal, masih ada 19.4 juta rakyat Indonesia yang memiliki gizi buruk.

Bahkan Indonesia menempati peringkat ke dua dalam membuang sampah ke lautan. Indonesia jauh mengalahkan negara India yang memiliki penduduk lebih banyak. bandingkan penduduk Indonesia yang sekitar 255 juta (2015) menghasilkan 1,29 juta metrik ton sampah plastik. Sedangkan India dengan penduduk yang jauh lebih besar, sekitar 1,2 miliar, ‘hanya’ menyumbang 0,24 juta metrik ton sampah plastik per tahun.

*Ini belum data tentang Pembalut, Popok, Puntung Rokok, mikroplastik, Sampah B3, dll

Jika data di atas belum cukup. Mungkin perlu diketahui 21 Februari 2005 pernah ada salah satu bencana sampah terbesar di dunia, berada di dekat kita. kurang lebih 147 orang meninggal karena tertimbun longsor sampah.

Jika kematian dan bencana tidak menjadi kekhawatiran bagimu. Mungkin bukan matematika dasarmu yang bermasalah tapi hatimu.